02 Jul 2011

Pernikahan Indah & Nathan 18 Juni 2011

Pada tanggal 18 Juni 2011 kemarin, klien kami Mba Indah dan Mas Nathan melangsungkan akad nikah dan resepsi pernikahan di Omah Pawon , Jalan Ampera, Jakarta Selatan.

Pernikahan ini merupakan pernikahan 2 bangsa, Pengantin Pria yaitu Nathan McConnell  berasal dari Melbourne, Australia dan karena keluarga Bapak Santoso selaku orang tua Mba Indah ingin melaksanakan pernikahan dengan tradisi adat Jawa Ngayogyakarta maka pada saat akad nikah dan resepsi seluruh keluarga kedua belah pihak mengenakan busana Jawi.

Gambar 1. Akad Nikah berlangsung.

Gambar 2 Keluarga dan kerabat pengantin.

Prosesi akad nikah di mulai dengan penyerahan Calon Pengantin Pria untuk segera di nikahkan dengan Calon Pengantin Wanita. Tepat pukul 4 sore, Calon Pengantin Pria yaitu Nathan yang mengenakan atela putih di dampingi kerabat dan para saksi memasuki ruangan akad nikah yang disana telah menunggu Bapak Santoso selaku wali nikah mba Indah dan penghulu yang siap menikahkan kedua calon pengantin.

Selanjutnya mba Indah yang mengenakan busana kebaya putih serta riasan Paes Ageng keluar dari kamar rias di dampingi kerabat untuk duduk di samping calon pengantin pria untuk segera di nikahkan. Prosesi akad nikah ini berlangsung lancar dan khidmad, para hadirin bertepuk tangan ketika Nathan dengan amat lancar dan fasih mengucapkan Ijab Kabul.

Gambar 3. Upacara Sungkeman.

Setelah akad nikah, acara di lanjutkan dengan upacara Sungkeman  yang merupakan salah satu tradisi masyarakat Jawa yang bermakna bahwa Pengantin memohon doa dan restu kepada Orang tua serta para sesepuh agar pernikahan nya selalu dalam lindungan Allah SWT.

Keluarga Nathan dan beberapa kerabat yang berasal dari Australia sangat antusias mengikuti semua prosesi tersebut, Ibunda Nathan yaitu Mrs.Mc.Connell nampak cantik dan anggun dengan riasan dan sanggul Jawa kupu tarung  dan berbalut busana kebaya putih serta kain truntum sama dengan yang di kenakan Ibu Santoso. Mrs.Mc Connell berpasangan dengan kakak Nathan yaitu Mr.Nick McConnell yang menggantikan ayah Nathan yang tidak dapat hadir karena kondisi yang kurang sehat. Mr Nick mengenakan busana atela Biru Muda yang juga di kenakan oleh Bapak Santoso.

Gambar 4 Sesaat setelah prosesi Akad Nikah.

Setelah acara sungkeman, hadirin serta kerabat memberikan ucapan selamat dan foto bersama, setelah itu pengantin langsung menuju ruang rias untuk berganti untuk resepsi malam hari nya

Gambar  5 Pengantin mengenakan Busana Paes Ageng Kanigaran.

Pada saat resepsi kedua pengantin sangat gagah dan anggun mengenakan busana Paes Ageng Kanigaran Ngayogyakarta yaitu busana basahan motif garuda di balut dengan busana beludru berhias payet gim emas. Kedua pasang pendamping pengantin yaitu Bapak dan Ibu Santoso serta Mrs McConnell serta Mr Nick mengenakan busana berwarna merah yang juga sangat anggun dan cocok untuk acara resepsi pada malam tersebut.

Gambar  6 Prosesi menuju pelaminan.

Tepat pukul 7 malam, iring iringan pengantin yang terdiri dari patah sakembaran, pengantin, kedua pasang pendamping serta saudara kandung dan kerabat lain di pandu oleh cucuk lampah memasuki ruangan resepsi yang sudah di dekorasi dengan indah dan anggun dan juga pelaminan yang ada di dalam rumah jogjo dengan berhiaskan lampu dan bunga bunga.

Resepsi berlangsung penuh keakraban karena kehadiran keluarga dan para sahabat yang datang memberikan ucapan selamat dan doa restu.

Kami sangat berterima kasih atas kepercayaan yang di berikan oleh keluarga Bapak Santoso khususnya kedua pengantin , Mba Indah dan Mas Nathan kepada Chandra Rini untuk  tata rias dan busana pengantin serta orang tua dan kerabat sehingga acara pernikahan ini dapat berjalan dengan lancar.

  
 

Photo by : Fleur De Lis Photography


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *